10 TiPs MenYanYi Yang BaiK

  1. Banyak minum air, hindari alkohol dan kafein:
    Pita suara kita bergetar dengan kecepatan tinggi, dan banyak minum membuat pita suara tetap basah. Makanan yang memiliki kadar air yang tinggi juga baik, seperti apel, pir, semangka, melon, anggur, dan sebagainya.
  2. Lakukan istirahat berbicara beberapa kali setiap hari terutapa jika telah dipergunakan secara ekstensif:Misalnya guru sebaiknya menghindari atau mengurangi berbicara diantara waktu mengajar.
  3. Jangan merokok:Jika Anda merokok, segera berhenti. Merokok sangat meningkatkan resiko kanker organ pernafasan. Termasuk menghirup asap dapat menyebabkan iritasi pita suara.
  4. Jangan menyalahgunakan suaramu:Hindari berteriak, juga berbicara keras di ruangan yang ribut. Suara serak merupakan pertanda pita suara mengalami iritasi.
  5. Biarkan otot leher dan tenggorokanmu rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi atau rendah:Beberapa penyanyi mengangkat kepala ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.
  6. Perhatikan caramu berbicara setiap hari:Sekalipun orang yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik bisa mengalami luka saat berbicara, karena banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak.
  7. Jangan batuk terlalu sering:Ketika kita batuk (bukan sakit batuk, tapi aktivitas batuk), itu sama seperti melakukan tegangan pada semua otot pernafasan dan pita suara sekaligus. Melakukan batuk terlalu sering bisa melukai otot tersebut dan menyebabkan suara serak. Cobalah untuk minum air untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Jika batuk tidak bisa ditahan, cobalah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  8. Ketika sakit, hemat suaramu:Jangan banyak berbicara saat Anda bersuara serak karena demam atau infeksi. Perhatikan suaramu.
  9. Ketika berbicara kepada kelompok besar diluar gedung pertimbangkan penggunaan pengeras suara:Berbicara keras tanpa pengeras suara bisa menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot suara. Jadi lebih baik pergunakan pengeras suara.
  10. Lembabkan udara rumah dan ruang kerjamu.

4 Comments »

  1. 1
    Yustina Dwi Any Carlita Dewi Says:

    Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi kencur mentah; hindari makan udang,makanan yang digoreng, es.

  2. 2
    masnavi Says:

    berarti bener donk diem tu emas,hem…setidaknya buat penyanyi.tp aq gak prnh jd vocalist,tiba2 pengen jd vocalist.dan mendadak dlm wkt 2 minggu ad event manggung.lha aq pengen suaraqu gak fals2 bgt lah.emm…mnrtmu gurah itu bisa membuat suara lbh bgs gak.coz aq denger gurah jg bikin suara lbh baik.thx yah.

  3. 3
    Tika Sam Says:

    Afgan merokok suaranya tetep bagus ko …

  4. 4
    Yustina Dwi Any Carlita Dewi Says:

    Kalo gurah memang bagus untuk suara jernih, tetapi efeknya ke depan itu lo…..mending yang alami aja……..Kalo merokok sedikit bisa mempengaruhi, asapnya bikin kena flu atau radang tenggorokan…………………..ya kalo mau nge-rokok…….tapi tetep konsumsi kencur aja kriuk kriuk…sehat.


RSS Feed for this entry

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: